Jumat, 22 Januari 2016

Indahnya Indonesia


Pesona Danau Matano

Negara kita, Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menawan, sehingga layak disebut sebagai negara sejuta pesona. Salah tempat wisatanya adalah Danau Matano. Sorowako, belum banyak yang tahu akan kota ini. Kota ini terletak di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu penghasil merica terbaik di Indonesia dan merupakan tempat beroperasinya perusahaan tambang Nikel terbesar kedua di dunia milik Brazil, yaitu PT Vale Indonesia Tbk sejak tahun 1977. Di sinilah tempat Danau Matano terletak, tepatnya di Kecamatan Nuha.
Danau ini merupakan danau tektonik (danau yang terbentuk dari ribuan mata air yang muncul akibat gerakan tektonik atau lipatan dan patahan kerak bumi yang terjadi di sekitar daerah litosfir) terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia dengan kedalaman sejauh 590 meter (1.969 kaki). Permukaan air danau berada pada ketinggian 382 meter di atas permukaan laut sehingga kedalaman air danau dari permukaan laut adalah 208 meter. Di danau ini pula masih ditemukan tumbuhan air dan binatang air yang endemic (hanya ada di danau Matano).
      

Memang, belum setenar Danau Toba di Sumatera Utara, tapi tidak kalah memesona dengan Danau Toba. Bagi orang yang menyukai olahraga selam, ini merupakan salah satu destinasi terbaik untuk menyelam karena memiliki jarak pandang yang baik, hal ini dikarenakan airnya yang sangat jernih. Begitu jernihnya hingga jika kita masih berada tidak jauh dari tepian, kita bisa melihat dasar danau. Selain itu, kita dapat melakukan olahraga air lainnya, seperti kano, kayak, jetski, snorkeling, layar, renang dan sebagainya. Jika kita hanya ingin menikmati pemandangan danau dengan mengengelilingi danau, kita dapat menyewa raft (perahu rakit) atau ketinting (perahu motor berukuran kecil) pada masyarakat sekitar dengan harga yang bervariasi, tergantung kelihaian kita dalam menawar.


Secara keseluruhan, Danau Matano merupakan destinasi wisata yang sangat menakjubkan, karena memberikan banyak sekali keunikan, keindahan, dan pengalaman yang luar biasa bagi para wisatawan. Untuk menikmati keindahan Danau Matano, para wisatawan tidak dipungut biaya. Namun, jaraknya yang jauh dari kota Makassar memerlukan waktu 12 jam untuk sampai di Sorowako dengan biaya transport menggunakan bus mulai dari Rp. 180,000.00 hinggal Rp. 220,000.00 atau menggunakan pesawat dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1,200,000.00. Selain itu, di Sorowako kita sedikit sulit untuk menemukan tempat penginapan yang layak dengan harga yang sesuai. Penginapan dapat dengan mudah kita temui, tetapi harga yang harus dibayarkan sering sekali tidak sebanding dengan apa yang kita dapatkan.
Dengan demikian, pilihan destinasi wisata berada di tangan anda. Apapun pilihan anda, tetaplah menjaga dan melestarikan alam. Jangan sampai alam rusak akibat ulah kita, sehingga dapat menyebabkan generasi selanjutnya tidak bisa menikmati alam seperti kita menikmatinya. Satu hal yang harus kita ingat bahwa alam tidak butuh kita, kitalah yang membutuhkan alam.
 
  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar