Jumat, 26 September 2014

Manfaat ISD bagi Mahasiswa

Manfaat Ilmu Sosial Dasar bagi Mahasiswa
Tema : ISD sebagai Mata Kuliah Dasar Umum

Ilmu Sosial Dasar adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai mahluk sosial.  
Tujuan mempelajari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar :

  • Membina mahasiswa untuk memahami dan menyadari adanya gejala-gejala sosial seperti kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
  • Mengajak mahasiswa untuk bersikap kritis, peka, dan tanggap terhadap masalah-masalah sosial serta usaha-usaha penganggulangannya.
  • Mempermudah memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri kepribadian yang diharapkan, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
  • Membantu mahasiswa agar dapat bergaul dengan baik dan benar dengan lingkungan di sekitarnya
Manfaat mempelajari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar :
  • Mahasiswa lebih menyadari dan memahami gejala-gejala sosial yang ada di dalam masyarakat.
  • Mahasiswa menjadi lebih kritis, peka, dan tanggap terhadap gejala-gejala yang timbul di dalam masyarakat.
  •  Mahasiswa lebih mengenal satu sama lain dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Mahasiswa dapat saling berinteraksi
Jadi, mata kuliah Ilmu Sosial Dasar sangat penting karena sebagai salah satu usaha untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar dapat aktif di tengah-tengah lingkungan dalam kehidupan bermasyarakat pada saat ini maupun pada saat yang akan datang,  mahasiswa menjadi seseorang yang lebih disiplin dan berfikir dewasa, mahasiswa dapat mempraktekkan mata kuliah ini secara langsung dengan bersungguh-sungguh di lingkungan sekitar, sehingga mahasiswa memiliki tingkat kepekaan sosial dan kepedulian sosial yang tinggi terhadap lingkungan sosialnya, membuat mahasiswa lebih mengetahui bagaimana caranya menjaga hubungan sosial agar tetap harmonis dan baik antar sesama makhluk sosial.


Sumber